Sabtu, 20 April 2013

PEMBUKAAN


Komputer, Peralatan atau perlengkapan yang terhubung dengan jaringan komputer dikenal dengan istilah host. Suatu host yang terhubung dengan jaringan akan memberikan atau menerima suatu layanan aktifitas. Layanan aktifitas yang diberikan akan melewati suatu jalan atau pintu yang dikenal dengan istilah port. Sebagai contoh, aplikasi database MySQL secara otomatis akan memberikan layanan untuk aktifitas pemakai melalui port 1433 yang berjalan pada protokol TCP/IP.
Port Scanning adalah

suatu kegiatan atau aktifitas atau proses untuk mencari dan melihat serta meneliti port pada suatu komputer atau perlengkapan dan peralatannya. Tujuan dari kegiatan port scanning adalah meneliti kemungkinan-kemungkinan kelemahan dari suatu sistem yang terpasang pada suatu komputer atau perlengkapan dan peralatannya melalui port yang terbuka. Ada 2 kemungkinan port yang berada pada komputer atau perlengkapan dan peralatannya, yaitu karena kesalahan sistem atau bug dan ketidakmengertian dari pemilik atau pengguna.
Port terbuka yang disebabkan oleh kesalahan suatu sistem biasanya akan diinformasikan oleh pengembang sistem yang bersangkutan. Cukup dilakukan update atau perbaikan-perbaikan sendiri yang langkah-langkahnya diinformasikan oleh pengembang sistem. Permasalahan yang terjadi seringkali pemilik lambat mendapatkan informasi tentang kelemahan atau kesalahan sistem yang menyebabkan port terbuka. Hal ini disebabkan pemilik atau pengelola (administrator) kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan sehingga kurang mengikuti perkembangan yang terjadi dengan sistem yang dipakainya.
Seorang administrator yang baik selalu mengikuti milis atau komunitas dari produk yang dipergunakan. Dengan demikian, administrator selalu mendapatkan informasi-informasi terbaru. Informasi dapat berupa keunggulan-keungggulan sistem, cara memaksimalkan penggunaan, tip dan trik serta yang tak kalah penting adalah kesalahan dan kelemahan sistem.
Jika administrator selalu memperbaharui pengetahuan dan mau berbagi pengalaman dengan rekan-rekannya maka kemungkinan ke 2 dari terbukanya suatu port yaitu ketidakmengertian dari pemilik atau pengguna tidak akan terjadi. Suatu teknologi yang dibuat oleh manusia, tidak akan pernah terlepas dari kesalahan. Dan kesalahan yang terbesar adalah ketidaktahuan atau ketidakmengertian bahwa kita telah melakukan kesalahan.
Tulisan ini dibuat untuk mata kuliah Keamanan Informasi Lanjut. Kali ini materinya adalah penyerangan (attack) dengan metode port scanning. Tujuan umum dari tugas ini adalah agar kita mempelajari bagaimana caranya memantau jaringan dengan menggunakan beberapa tools. Tujuan yang lebih spesifik lagi adalah agar kita mengetahui cara menggunakan nmap,  cara menggunakan tools untuk sniffer (penyadap), proses port scanning, serta cara kerja jaringan.

1 komentar:

  1. untuk prevent port scaanign sendiri bagaimana caranya ? mohon pencerahannya...

    BalasHapus

 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week